Pelatihan BT & CLS Mahasiswa Keperawatan Bandung

Jurusan Keperawatan Bandung bekerja sama dengan AGD 118 (Ambulans Gawat Darurat) melaksanakan Pelatihan BT & CLS (Basic Trauma & Cardiac Life Support) yang berlangsung dari tanggal 30 Januari sampai dengan 3 Februari 2017. Mahasiswa D-3 keperawatan semester V yang mengikuti pelatihan BT & CLS ini sebanyak 118 mahasiwa. Pelatihan ini terbagi menjadi dua tempat yaitu Pelatihan BT & CLS di BAPELKES Batam sebanyak 33 Mahasiswa dan Pelatihan BT & CLS di Kampus Keperawatan Poltekkes Kemenkes Bandung bersama AGD 118 sebanyak 85 Mahasiswa.

Pelatihan BT & CLS itu sendiri adalah pelatihan untuk penanggulangan penanganan pasien pada masalah trauma dan cardiac. Materi yang disampaikan antara lain : Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Bantuan Hidup Dasar, Penilaian Awal dan Resusitasi Penderita Trauma dan Jantung, Jalan Nafas dan Pernafasan, Cedera Thoraks, Penanggulangan Penderita Syok, Trauma Kepala, Biomekanik Trauma, Luka dan Fraktur, Ekstrikasi, Stabilisasi dan Transportasi/ MEDEVAC, Luka Bakar, Skenario Triage, Keracunan/ Intoksikasi, Pengenalan EKG, Pengenalan dan Penanganan Gawat Darurat Jantung, Trauma pada Ibu hamil, Anak, dan Orang Tua.

Pelatihan ini diakhiri dengan evaluasi dengan kriteria penentuan kelulusan adalah nilai uji tulis dan praktik masing-masing minimal 80 dengan nilai tidak diakumulasikan, dan kehadiran 100 %. Hasil evaluasi Pelatihan BT & CLS pada Jumat, 3 Februari 2017, mahasiswa Jurusan Keperawatan lulus dengan nilai yang memuaskan yaitu rata-rata di atas 80.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *