Workshop Pendirian Program Studi Profesi Bidan di Poltekkes Kemenkes Bandung

Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung merupakan institusi pendidikan Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Poltekkes Kemenkes Bandung bermaksud mengembangkan dengan membuka program studi baru berupa Program Studi Profesi Bidan untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesi bidan.

Pendidikan ini merupakan hal yang baru pada pendidikan kebidanan di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan persiapan yang matang di antaranya dengan menyiapkan kurikulum dan implementasinya secara baik. Berdasarkan hal tersebut, Poltekkes Kemenkes Bandung mengadakan Workshop Pendirian Program Profesi Bidang yang bertujuan untuk menyiapkan kurikulum dan proposal usulan program studi profesi bidan.

Workshop diselenggarakan pada tanggal 16 dan 18 Januari 2017 di Direktorat Poltekkes Kemenkes Bandung. Pada tanggal 16 Januari 2017, pembukaan workshop yang dihadiri oleh sekitar 24 orang yang terdiri atas Tim Pengembang baik dari Direktorat Poltekkes Kemenkes Bandung maupun dari Tim Pengembang tingkat Jurusan/ Prodi di Kebidanan Bandung, Bogor, dan Karawang. Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kemenkes Bandung memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya kepada seluruh civitas yang terlibat untuk menyiapkan pendirian Program Profesi Bidan di Poltekkes Kemenkes Bandung, yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Kebijakan Pengembangan Prodi Profesi Bidan di Poltekkes Kemenkes Bandung. Dilanjutkan dengan paparan dari Pudir I, Dra. Hj. Euis Nurhayati, SKp., yang menguraikan Penyusunan Proposal dalam bentuk instrument Prodi Profesi Bidan. Kemudian, Ketua Pengurus Pusat IBI (Ikatan Bidan Indonesia) yaitu Dr. Emi Nurjasmi, M,Kes. Sebagai narasumber berikutnya menjelaskan paparan materi Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Institusional Prodi Profesi Bidan.

Pada tanggal 18 Januari 2017, materi dilanjutkan dengan narasumber Ketua AIPKIND (Asosiasi Institusi Pendidikan Bidan Indonesia) yaitu Dr. Yuminar Ilyas, M.Kes. yang membahas Kebijakan Pengembangan Program Studi Profesi Bidan di Indonesia. Rangkaian workshop ini diakhiri dengan Diskusi Tim dalam Finalisasi Instrument Penilaian Prodi Profesi Bidan yang dipandu oleh Rahmat Sudiyat, SKp.,M.Kes..

Workshop ini sebagai langkah awal dari serangkaian tahap untuk mewujudkan program Studi Profesi Bidan. Setelah workshop ini diharapkan dapat tersusun kurikulun institusional dan proposal usulan Program Studi Profesi Bidan. Sebagai rencana tindak lanjut dari workshop adalah tersusunnya proposal usulan berupa instrument penilaian usulan program studi profesi bidan yang akan diusulkan kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *