Delegasi Poltekkes Kemenkes Bandung dalam IKAMABI 2017

Mahasiswa bukan lagi seorang siswa yang menuntut ilmu di institusi pendidikan seperti SD, SMP, SMA. Penambahan kata “maha’’ memberikan identitas yang berbeda. Mahasiswa yang memiliki peran sebagai “Agent of Change” dari bangsa ini yang menentukan wujud bangsa ini beberapa dekade ke depan. Banyak perubahan besar dan nilai-nilai ditorehkan di negeri ini yang senantiasa menjadikan mahasiswa pada posisi terhormat di negeri ini. Mahasiswa menjadi harapan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Lalu apa yang bisa mahasiswa berikan untuk negeri ini?

Sebagai seorang mahasiswa, berprestasi di bidang akademik itu sudah menjadi kewajiban karena tugas mahasiswa yang paling utama adalah belajar. Namun apakah untuk menjadi generasi penerus bangsa cukup dengan belajar?

Tidak semua hal bisa dipelajari di ruang kuliah atau laboratorium. Banyak hal yang harus dipelajari di luar itu semua dan salah satu wadah utamanya adalah organisasi. Dalam lingkungan ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembankan diri dalam berbagai aspek. Aspek kepemimpinan, manajemen, organisasi, team builing, networking, dan human relation.

Sebagai salah satu upaya untuk menjadikan mahasiswa yang ideal, Jurusan Kebidanan Bandung Poltekkes Kemenkes Bandung mengirimkkan delegasinya untuk mengikuti Musyawarah Nasional dan Rapat Kerja Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Kebidanan Indonesia 2017 yang dilakanakan di Batu Kota Malang, yang diwakilkan oleh Anni’sa Abriyanti sebagai Ketua Hima Kebidanan Bandung, Alvia Aghni R. sebagai Pengurus Hima Kebidanan Bandung, dan Miami Artiwati sebagai mahasiswa Kebidanan Bandung.

Kegiatan berlangsung pada 17-20 Maret 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 34 Intitusi Kebidanan di Indonesia. Pada hari pertama kegiatan diawali dengan Opening Ceremony yang dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Kebidanan Univeritas Brawijaya.  Nuansa nusantara sangat melekat dengan penampilan tari nusantara yang disuguhkan oleh tuan rumah, yaitu Univeritas Brawijaya. Acara dilanjutkan dengan pengenalan IKAMABI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Kebidanan Indonesia) oleh Sekertaris Jenderal yaitu Nisaatul dari Univerita Gajah Mada, pengenalan BIMABI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Kebidanan Indonesia), pengenalan AOKI (Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia), dilanjutkan dengan bahasan AD-ART dan Laporan Pertanggung Jawaban PHN Ikamabi 2016-2017.

Kegiatan hari kedua dengan agenda Pemilihan dan Pelantikan Sekertaris Jenderal dan Pengurus Harian Naional 2017-2018. Ryana Fitriani dari Univerita Padjajaran terpilih sebagai Sekertaris Jenderal IKAMABI 2017-2018. Miami Artiwati, delegasi dari Poltekkes Kemenkes Bandung, terpilih menjadi Ketua Departemen Kajian Strategi dan Advokasi IKAMABI Nasional 2017-2018. Berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional ditetapkan bahwa untuk Musyawarah Nasional dan Rapat Kerja Nasional 2018 akan dilakanakan di Poltekkes Kemenkes Bandung sebagai tuan rumah. (@Saur Pasaribu, Dosen Kebidanan Bandung, Poltekkes Kemenkes Bandung)

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *