INTERNAL ORGANIZATION SUMMIT (IOS) I 2017

Internal Organization Summit (IOS) I yang mengusung tema “Bersatu Bersama Membangun Karyamerupakan suatu rangkaian kegiatan acara sebagai sarana bagi seluruh HIMA yang ada di Poltekkes Kemenkes Bandung untuk dapat menyosialisasikan agenda kerjanya selama satu periode ke depan guna mendapat apresiasi dan dukungan baik dalam bentuk komentar maupun saran sehingga dapat mengevaluasi dan mengoptimalkan rancangan agenda kerja tersebut demi berjalannya program kerja dan agenda yang lebih baik serta diharapkan dapat mengikuti Latihan Kepemimpinan Organisasi (LKO) guna meningkatkan sifat kepemimpinan pengurus HIMA. Kesempatan yang sama juga diberikan kepada seluruh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) pusat yang ada di Poltekkes Kemenkes Bandung untuk dapat mempresentasikan program kerjanya dalam satu periode ke depan dalam kegiatan UKM Gathering dan dapat mengikuti LKO yang merupakan konten acara IOS 2017.

Kegiatan yang berlangsung pada 26 Maret 2017 ini dimulai dengan acara LKO yang disampaikan oleh pemateri-pemateri yang luar biasa yaitu Danang Setiawan (Presiden Mahasiswa Institut Pertanian Bogor 2016) menyampaikan materi Meningkatkan Kualitas SDM dalam Organisasi dengan Menjunjung Tinggi Integritas , Bagus Tito Wibisono (Koordinator BEM-SI 2016 – Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta 2016) dengan materi Integrasi dalam Organisasi, dan Suswendi Eka Putra (SEKJEND FORKOMPI 2015) menyampaikan materi Manajamen SDM dalam Organisasi. Dalam acara LKO yang bertempatan di Aula Kebidanan Bandung diisi pula sesi tanya jawab. Setelah itu, acara dilanjut dengan share timeline, kepengurusan periode baru, presentasi program kerja, dan agenda kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode ke depan yang disampaikan oleh seluruh Himpunan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bandung.

Sementara itu, di tempat terpisah para pengurus UKM di lingkungan Poltekkes Kemenkes Bandung juga mengadakan “Gathering UKM” dengan kegiatan share timeline, kepengurusan periode baru, presentasi program kerja, dan agenda kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode ke depan. Dalam sharing kali ini dibahas pula mengenai Standar Operasional Procedur UKM, proposal, alur birokrasi dalam menjalankan UKM, serta keuangaan yang dianggarkan untuk setiap UKM. Acara ditutup dengan pemberian plakat.

Kegiatan IOS I kali ini berbeda dari kegiatan IOS I pada tahun sebelumnya, karena kegiatan IOS I kali ini dilengkapi dengan diadakannya FGD atau Fokus Grup Diskusi yang mengusung 6 point diskusi yaitu (1) Asuransi Mahasiswa, (2) Atribut Kampus, (3) Mapay Kampus, (4) Mahasiswa Care, (5) Salam Poltekkes, (6) Visi Misi Jangka Panjang.

FGD dilaksakan secara diskusi kelompok yang terdiri dari setiap perwakilan HIMA/ Jurusan dan BEM. Pada FGD kali ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa hakikatnya semua orang harus peka terhadap kondisi lingkungan, harus bisa mengguncangkan dunia, harus yakin dengan kebanggan kita dengan bisa menjadi bagian di Poltekkes Kemenkes Bandung.

Selain itu, hasil FGD kali ini mengesahkan salam Poltekkes Kemenkes Bandung yang disusun bersama oleh Keluarga Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bandung. Salam ini diharapkan dapat menjadi identitas mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bandung dan dapat terus dikumandangkan oleh seluruh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bandung. Salam Poltekkes berbunyi :

SALAM GELORA !

Kami Abdi Kesehatan

Poltekkes… BANDUNG

Poltekkes… BANDUNG

Poltekkes… KEBANGGAAN KU

Sebelum acara ditutup, para Ketua HIMA dan atau yang mewakilinya melaksanakan penandatanganan persetujuan program/ kegiatan bersama. Kemudian acara ditutup dengan orasi dan penyampaian kata-kata mutiara oleh Presiden Mahasiswa dan Ketua HIMA /yang mewakili, serta penyerahan plakat kepada seluruh HIMA dan UKM yang menjadi akhir kegiatan Internal Organzation Summit I tahun 2017.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kekeluargaan antara pengurus organisasi (HIMA seluruh jurusan, UKM, dan BEM); menambahan wawasan dan pengetahuan dalam berorgansasi; membuka pola pikir kritis karena kritis merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki mahasiswa. Kritis dalam berpikir, bertindak, dan bertutur kata memang sudah selayaknya dimiliki oleh setiap mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini menjadikan organisasi dan keluarga Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bandung menjadi lebih baik. [@Firda Febriyanti Walinda, Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Bandung]

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *